Jakarta (pilar.id) – Pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero), yang dikenal sebagai Pertamina SMEXPO 2023, telah digelar dengan sukses dari tanggal 31 Oktober hingga 5 November 2023 di Gandaria City, Jakarta.
Acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengeksplorasi produk-produk berkualitas buatan Indonesia, tetapi juga menawarkan wawasan berharga dalam dunia kewirausahaan melalui berbagai diskusi yang diselenggarakan.
Salah satu pengunjung Pertamina SMEXPO 2023, Rima Dwi (25 tahun), berbagi pengalaman positifnya selama berbelanja di acara ini. Menurut Rima, Pertamina SMEXPO 2023 adalah momen yang ideal untuk menemukan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Dia juga menggarisbawahi pentingnya pameran UMKM seperti Pertamina SMEXPO 2023 dalam mendukung pelaku usaha yang mungkin baru-baru ini terdampak oleh penutupan platform belanja online oleh pemerintah.
“Sangat bagus ini mendukung produk lokal, karena kita tahu bahwa industri rumah tangga saat ini masih menghadapi kesulitan dalam menjangkau pasar. Beberapa waktu lalu, mereka banyak menjual melalui platform daring yang akhirnya diblokir. Oleh karena itu, ini adalah wadah yang baik bagi pelaku UMKM untuk berjualan,” jelas Rima saat ditemui di Gandaria City pada Kamis (2/11/2023).
Selain menawarkan produk UMKM yang berkualitas, Pertamina SMEXPO 2023 juga menyediakan berbagai aktivitas menarik, seperti talkshow, hiburan dari artis terkenal Tanah Air, dan penawaran istimewa. Salah satu penawaran tersebut adalah potongan harga sebesar 5% dengan minimum transaksi Rp100 ribu serta kemudahan pembayaran melalui aplikasi MyPertamina.
Pertamina SMEXPO 2023 tidak hanya digelar di Jakarta, tetapi juga di tiga kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023), dan Pekanbaru (15-19 November 2023). Selain itu, Pertamina juga menyediakan platform digital virtual, www.smexpo.pertamina.com, yang memungkinkan masyarakat yang tidak dapat menghadiri acara secara langsung untuk melihat dan membeli produk-produk UMKM.
Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menekankan bahwa Pertamina SMEXPO adalah wujud komitmen perusahaan dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDG’s) dan target Net Zero Emission 2060. Acara ini telah membuktikan kesuksesannya dalam menciptakan peluang bisnis, meningkatkan kualitas produk UMKM, dan membuka peluang kerja sama yang positif.
Pertamina terus berfokus pada penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasinya, seiring dengan peran perusahaan sebagai pemimpin dalam transisi energi. Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim global, Pertamina berkomitmen untuk menjadikan Pertamina SMEXPO sebagai ajang yang semakin bermanfaat bagi UMKM dan pengunjungnya. (ret/hdl)