Jakarta (pilar.id) – PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka dengan 53 tahun pengalaman di Indonesia, tengah mengadakan roadshow kampus di Jakarta dan Bandung. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan peluang karir dan bisnis di industri kurir kepada generasi muda Indonesia.
Melalui kampanye #LogisTIKIndonesiaButuhAnakMuda, TIKI mengajak generasi muda untuk menjelajahi potensi di industri ini. Seperti disampaikan Direktur Utama TIKI, Yulina Hastuti, industri kurir dan logistik di Indonesia perlu lebih banyak talenta muda untuk terus bersaing dan berinovasi.
“Dibandingkan dengan sektor industri lainnya seperti FMCG, Telekomunikasi, dan Healthcare, sektor kurir dan logistik masih memiliki peluang yang besar untuk dikenali oleh generasi muda,” katanya, Kamis (21/9/2023).
Melalui serangkaian acara TIKI Goes to Campus, pihaknya ingin memperkenalkan potensi karir dan bisnis di sektor ini kepada mereka.
“Kami juga mengundang generasi muda untuk ikut serta dalam mengembangkan industri kurir nasional dengan kreativitas dan inovasi mereka,” kata Yulina.
Industri kurir dan logistik telah terbukti tangguh selama masa pandemi, dengan pertumbuhan hingga 40 persen dalam pengiriman barang, terutama dalam last-mile delivery. Keterbatasan aktivitas bisnis dan sosial selama pandemi membuat jasa kurir dan logistik menjadi pilar utama dalam menjaga aliran barang.
Tidak hanya itu, dengan perkembangan ekonomi digital di Indonesia yang diharapkan mencapai 146 miliar Dollar AS pada tahun 2025 dan meningkat delapan kali lipat pada tahun 2030, potensi sektor kurir di masa depan semakin cerah. Oleh karena itu, industri kurir dan logistik perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten, regenerasi, dan meningkatkan konektivitas.
Sementara itu, Direktur Pelaksana TIKI, Trie Maulana A., menjelaskan, sektor logistik membutuhkan partisipasi aktif dari generasi muda untuk mendukung pertumbuhan dan daya saingnya.
“Melalui kampanye #LogisTIKIndonesiaButuhAnakMuda, TIKI ingin mengambil peran dalam merangkul dan mendorong generasi muda Indonesia agar terlibat dalam masa depan logistik Indonesia. Kami bermitra dengan universitas untuk mengembangkan kompetensi SDM dan mencari bakat-bakat muda,” jelas dia.
TIKI akan mengunjungi sekitar 5 kampus di Jakarta dan Bandung dari September hingga November 2023. Selama roadshow kampus ini, TIKI dan Narasi Academy akan menyelenggarakan berbagai acara menarik seperti konferensi, kelas, dan kompetisi reels untuk memberikan pengetahuan yang berharga kepada generasi muda. (mad/ted)