Jakarta (pilar.id) – Tren belanja otomotif melalui e-commerce terus meningkat. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), volume penjualan sepeda motor di pasar domestik mencapai 505.670 unit pada Mei 2024, mengalami kenaikan 20,64 persen dibanding bulan sebelumnya.
Survei global oleh Astute Analytica mengungkap bahwa 67 persen responden memilih cara hybrid untuk belanja otomotif, yakni memilih kendaraan secara online dan menyelesaikan pembeliannya di dealer.
Peningkatan ini sejalan dengan penjualan sepeda motor di platform Blibli yang naik signifikan pada kuartal I 2024, lebih tinggi setengah kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Blibli, sebagai ekosistem omnichannel terdepan di Indonesia, kembali membuktikan kekuatannya dengan meluncurkan Yamaha NMAX Turbo secara eksklusif. Sebanyak 1.000 unit Yamaha NMAX Turbo terjual habis dalam 40 menit setelah diluncurkan melalui aplikasi dan situs resmi Blibli.
Eddy Lukita, Head of Automotive Category Blibli, menyatakan, “Suksesnya peluncuran eksklusif Yamaha NMAX Turbo melalui Blibli menunjukkan kemitraan strategis kami sebagai exclusive e-commerce partner Yamaha untuk ketujuh kalinya. Pre-order Yamaha NMAX Turbo pada 12 Juni lalu disambut antusias oleh pelanggan, dengan 1.000 unit terjual dalam waktu 40 menit.”
Penawaran eksklusif ini berlangsung dari 12 Juni hingga 30 Juni 2024, dengan diskon spesial Rp2 juta untuk setiap pembelian unit Yamaha terbaru di official store Yamaha Indonesia di Blibli.
Pelanggan juga dapat menambahkan proteksi pada unit Yamaha NMAX Turbo saat checkout untuk melindungi kendaraan dari kehilangan, kerusakan, atau banjir.
Eddy menambahkan, “Peluncuran eksklusif Yamaha NMAX Turbo melalui ekosistem Blibli membuktikan bahwa kami, sebagai pionir dan pemimpin omnichannel commerce dan platform gaya hidup di Indonesia, selalu menghadirkan pengalaman belanja yang aman, nyaman, dan terpercaya.”
Komitmen ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia kini semakin mengandalkan e-commerce tidak hanya untuk belanja suku cadang otomotif, tetapi juga unit kendaraan.
Peningkatan ini didorong oleh kemudahan transaksi yang ditawarkan Blibli, seperti kelengkapan produk, jaminan orisinalitas, pencarian produk yang efisien, kemudahan pembayaran, dan promosi menarik bagi konsumen. (ret/hdl)