Jakarta (pilar.id) – The Walt Disney Company merayakan 100 tahun perjalanan storytelling Disney dengan meluncurkan kampanye global, Create 100.
Kampanye ini merupakan ajang perayaan kreativitas yang melibatkan beberapa sosok visioner papan atas dan talenta muda dari berbagai bidang seperti fashion, musik, seni, dan lainnya.
Mereka bergabung dalam Create 100 dengan mendonasikan karya seni, produk, dan pengalaman yang terinspirasi oleh cerita dan karakter dari Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan 20th Century.
Seluruh donasi yang terkumpul akan digalang untuk mendukung Make-A-Wish® Foundation, sebuah organisasi nirlaba global yang berfokus membantu mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak yang mengalami sakit kronis serta menginspirasi harapan hidup baru bagi mereka.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, Disney juga memberikan donasi sebesar 1 juta Dollar AS kepada Make-A-Wish® Foundation.
“Cerita dan karakter abadi dari Disney telah menciptakan jejak tak terlupakan dalam budaya populer di seluruh dunia, melintasi batas negara, industri, dan generasi,” kata Tasia Filippatos, Presiden Consumer Products, Games, dan Publishing, Disney.
“Kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan para visioner hebat ini untuk mendukung Make-A-Wish® Foundation dan merayakan 100 tahun storytelling Disney,” lanjutnya.
Dalam memulai kampanye Create 100, Disney bekerja sama dengan Virgil Abloh Securities untuk meluncurkan patung Mickey Sorcerer’s Apprentice setinggi 6 kaki, yang terinspirasi dari film Disney’s Fantasia, di Royal College of Art (RCA), London.
Patung karya ALASKA ALASKA ini, yang dinamai ‘Structural Sorcerer – a Sorcerer’s Apprentice Mickey Sculpture’, dipesan oleh Disney sebagai bentuk penghormatan atas warisan abadi Virgil Abloh.
Patung ini mengambil inspirasi dari karyanya dalam seri furnitur dan ilustrasi Mickey Mouse yang diciptakan pada tahun 2018 untuk merayakan ulang tahun Mickey Mouse ke-90. Shannon Abloh, istri dari Virgil Abloh, mengungkapkan kebanggaannya terhadap patung tersebut.
Create 100 juga bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong talenta generasi masa depan. Patung ‘Structural Sorcerer —Sorcerer’s Apprentice Mickey Sculpture’ akan dipamerkan di RCA sepanjang musim panas tahun ini.
Virgil Abloh memiliki hubungan dekat dengan RCA dan baru-baru ini, RCA mengumumkan program beasiswa atas nama Virgil Abloh untuk mendukung para pelajar kulit hitam berbakat di Inggris yang terbatas secara finansial.
Selain itu, seniman multidisipliner Favour Jonathan juga turut berkontribusi dengan menciptakan patung Dr. Facilier dari Disney’s The Princess and the Frog untuk ikut serta dalam Create 100.
Karya seni, produk, dan pengalaman lainnya dari para kreator di Create 100 serta cerita yang menginspirasinya akan segera diumumkan. Kontribusi mereka mencakup berbagai macam bentuk, seperti musik, buku komik, kreasi ulang film ikonik, dan banyak lagi.
Beberapa nama besar yang terlibat dalam Create 100 adalah musisi dan ikon global Beyoncé, perancang busana ternama asal Prancis Christian Louboutin, Direktur Kreatif Global Italia untuk Swarovski Giovanna Engelbert, pianis ternama asal China Lang Lang, pelopor mode Amerika Tommy Hilfiger, serta seniman terkemuka asal Brasil Vik Muniz.
Tidak hanya itu, brand ternama seperti Adidas, Pandora, dan Coach juga akan menampilkan karya-karya unik mereka dalam perayaan ini.
Create 100 didukung oleh 100 kreator dari 25 negara di 6 benua, termasuk Indonesia. Aktris dan produser Prilly Latuconsina akan mewakili komunitas kreatif lokal dalam Create 100 dan merancang sebuah produk khusus untuk merayakan ulang tahun ke-100 Disney.

Dia juga mengajak seniman Rubik’s cube muda, Chintya Akemi Keirayuki, untuk turut berpartisipasi dalam perayaan ini dengan menciptakan sebuah karya seni istimewa terinspirasi oleh Disney.
“Disney dan cerita-ceritanya telah menginspirasi dan membawa banyak nilai dalam perjalanan hidup saya, mulai dari kecil hingga dewasa,” ungkap Prilly Latuconsina.
Menjadi representasi Indonesia dalam Create 100 dan berkolaborasi dengan talenta dan seniman terkenal dari berbagai belahan dunia, lanjut Prilly, adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.
“Juga sebuah kebanggaan bagi saya sebagai seorang profesional. Saya berharap generasi muda di masa depan terus menginspirasi melalui kreativitas mereka dan menjadi bagian dari perubahan positif di seluruh dunia,” kata dia.
Mimpi dan harapan yang diwujudkan merupakan imajinasi anak-anak yang terus didorong lewat percikan kreativitas sehingga menginspirasi perjalanan mereka.
“Create 100 menampilkan kekuatan kreativitas untuk membawa harapan. Inisiatif inspiratif ini akan membantu mewujudkan harapan yang dapat mengubah hidup anak-anak yang hidup dengan penyakit kronis dari seluruh dunia. Kami sangat berterima kasih kepada Disney dan semua kreator yang terlibat atas dukungan yang mereka berikan,” jelas Luciano Manzo, Presiden dan CEO, Make-A-Wish International.
Selama lebih dari 40 tahun, Disney dan Make-A-Wish® Foundation telah bekerja sama mewujudkan mimpi dan harapan lebih dari 150 ribu anak dengan penyakit kronis di seluruh dunia.
Banyak harapan yang telah terwujud, termasuk kunjungan ke studio, liburan ke taman hiburan dan resor, pertemuan dengan para artis, kegiatan bertemakan olahraga, dan banyak lagi. Banyak karyawan Disney juga menjadi relawan dalam mengabulkan berbagai harapan dan mimpi anak-anak tersebut, sebagai orang tua dari anak-anak ini, atau alumni dari Make-A-Wish sendiri. (mad/hdl)