Jakarta (pilar.id) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berinovasi dengan memperluas layanan online ticketing berbasis website. Setelah sukses diterapkan di lintas penyeberangan Ajibata – Ambarita dan Ketapang – Lembar, layanan online ticketing ini kini telah hadir di Pelabuhan Labuan Bajo dengan domain baru trip.ferizy.com.
Pada hari Sabtu (12/8/2023), layanan serupa juga akan diterapkan di Pelabuhan Sape, sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan penyeberangan.
Peluncuran online ticketing ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dalam pembelian tiket di mana saja dan kapan saja. Transformasi digital ini menjadi langkah penting bagi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam menghadapi era modernisasi.
Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP, menjelaskan bahwa perusahaan telah mengambil langkah digitalisasi sejak tahun 2017 dan secara bertahap melaksanakan transformasi digital. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan, sehingga pengguna jasa dapat merasakan pengalaman transaksi yang modern, cepat, dan aman.
“Dengan transformasi digital, kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas bisnis dan operasional kami. Ini termasuk dalam aspek komersial, operasional, keuangan, dan pengelolaan sumber daya manusia,” ujar Shelvy.
Langkah digitalisasi ini juga sejalan dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Tahun 2020-2024, yang mengusung Pilar Transformasi Digital sebagai bagian penting dari rencana usaha perusahaan.
Pelabuhan Labuan Bajo menawarkan layanan online ticketing di lima lintasan, termasuk Labuan Bajo-Sape (PP), Labuan Bajo-Waingapu, Labuan Bajo-Pulau Rinca, Labuan Bajo-Bira, dan Labuan Bajo-Jampea. Sementara itu, Pelabuhan Sape melayani pemesanan tiket online untuk rute Sape-Labuan Bajo, Sape-Waikelo, dan Sape-Waingapu.
Dengan diluncurkannya domain baru untuk layanan online ticketing di kedua pelabuhan ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga menghadirkan dua kapal baru untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa.
Jadwal layanan periode tanggal 7 hingga 12 Agustus 2023 di lintas Sape – Labuan Bajo dan Sape – Waikelo juga telah ditetapkan. Pihak perusahaan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembelian tiket mendekati jam keberangkatan guna menghindari situasi yang tidak diinginkan.
Selain itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyediakan beragam pilihan metode pembayaran melalui website, termasuk virtual account bank seperti BRI, Mandiri, BNI, BSI, BCA, CIMB Niaga, BTN, BTPN, Pospay, serta berbagai e-wallet seperti LinkAja, ShopeePay, OVO, DANA, dan BLU BCA Digital.
Shelvy mengingatkan bahwa sejak diberlakukan web reservation, penjualan tiket di pelabuhan tidak lagi dilakukan. Pengguna jasa diwajibkan untuk memiliki tiket minimal 1 hari sebelum keberangkatan guna memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan. (mad/hdl)