Jakarta (pilar.id) – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT Telekomunikasi Selular Tbk (Telkomsel) resmi menjalin kerja sama strategis dalam rangka mendorong inovasi layanan keuangan dan teknologi.
Nota kesepahaman yang ditandatangani menandai langkah awal kemitraan strategis ini, bertujuan untuk menciptakan solusi teknologi inovatif serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pelanggan dan masyarakat luas.
SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, mengungkapkan bahwa kemitraan ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif, tetapi juga untuk memberikan manfaat nyata bagi nasabah setia Bank Muamalat dan pelanggan Telkomsel.
“Kami optimistis dengan sinergi ini kita dapat menciptakan terobosan signifikan dalam memberikan layanan keuangan yang lebih inklusif, efisien, dan berdaya guna bagi masyarakat,” ujarnya.
Nota kesepahaman ini mencakup berbagai inisiatif kolaborasi seperti fitur pembukaan rekening melalui aplikasi MyTelkomsel dan MyIndihome, pendaftaran Indihome via aplikasi Muamalat-DIN, serta pemanfaatan teknologi Host to Host VA di aplikasi MyTelkomsel dan koperasi digital Telkomsel untuk pembayaran melalui Bank Muamalat.
Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B. Sigit, menyatakan bahwa kerja sama strategis ini merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam mengakselerasi digitalisasi di sektor perbankan. “Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat membuka banyak peluang yang mendorong inovasi layanan kepada masyarakat,” katanya.
Kerja sama ini juga mencakup layanan pembiayaan syariah untuk koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pelanggan Telkomsel, dengan tujuan memperkuat akses terhadap pembiayaan yang inklusif dan berkelanjutan.
Sebelumnya, Bank Muamalat dan Telkomsel telah berkolaborasi dalam pembelian paket Telkomsel Roaming melalui aplikasi Muamalat DIN, memungkinkan nasabah memilih paket sesuai kebutuhan untuk menggunakan layanan telekomunikasi dengan biaya terkendali saat berada di luar jaringan Telkomsel di Indonesia. (ret/hdl)