Jakarta (www.pilar.id) – Experian, perusahaan global penyedia layanan informasi, hari ini mengumumkan kerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi (telco) di Indonesia, PT. Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia), sebagai bagian dari upaya untuk mendorong inklusi keuangan di negara kepulauan ini.
Kolaborasi ini membuat 3 Indonesia sebagai mitra data alternatif untuk PowerScore Experian, suatu penilaian kredit canggih yang menggabungkan data alternatif ‘siap pakai’ dengan pembelajaran adaptif, memungkinkan perusahaan pemberi pinjaman (lending) dengan dukungan wawasan (insight) dari perusahaan telco dalam memfasilitasi pengambilan keputusan risiko.
Bertujuan untuk mendukung bank-bank konvensional, perusahaan lending alternatif, dan perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) dalam pengambilan keputusan berbasis risiko kredit, fokus utama dari PowerScore adalah memberdayakan dan memperluas akses bagi masyarakat – yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan mereka yang terbatas dalam memperoleh layanan finansial (underbanked) – terhadap kredit yang lebih adil dan mendorong tercapainya inklusi keuangan. Sebagai pemain utama dalam penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, 3 Indonesia hadir sebagai mitra yang memperluas jangkauan Experian di dalam negeri di saat yang tepat, sejak COVID-19 memberikan dampak luar biasa bagi perekonomian.
Walaupun ada kemajuan besar dalam mengurangi kesenjangan ekonomi, data dari UNICEF menunjukkan individu yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional – mereka yang berpendapatan rendah dan sedang, juga usaha-usaha kecil – berpotensi menghadapi tantangan keuangan karena ekonomi yang tengah bergejolak dan pembatasan akibat pandemi yang sedang berlangsung, yang mana membatasi akses mereka terhadap layanan keuangan.
Experian menjelaskan bahwa PowerScore yang didukung oleh sumber data alternatif dari perusahaan telekomunikasi dan touchpoint digital baru, menjadi katalisator dalam upaya pemberian pinjaman berbasis risiko yang lebih bertanggung jawab. Data dari para penyedia layanan telekomunikasi seperti 3 Indonesia mewakili sumber data alternatif real-time yang komprehensif sehingga mendukung perusahaan lending membuat keputusan yang lebih akurat.