Semarang (pilar id) – Pada H+1 dan H+2 Hari Raya Idul Fitri 2023 (22-23/04), PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mencatat sebanyak 86.144 kendaraan menuju Semarang melalui GT Kalikangkung.
Angka ini menjadikan masih adanya kepadatan arus mudik kendaraan yang naik 164,75% terhadap lalu-lintas normal sebanyak 32.538 kendaraan.
Sedangkan, untuk kendaraan yang meninggalkan kota Semarang melalui GT Kalikangkung sebanyak 45.621 kendaraan atau naik 35,34% terhadap lalu lintas normal sebanyak 33.708 kendaraan.
PT Jasamarga Transjawa Tol juga mencatat volume lalu-lintas pada H1 s.d H2 Hari Raya Idul Fitri 2023 di gerbang tol Wilayah Jawa Tengah sebagai berikut :
a. GT Banyumanik
Pada H1 s.d H2 Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 tercatat sebanyak 107.332 kendaraan meninggalkan Kota Semarang melalui GT Banyumanik Jalan Tol Semarang-Solo atau naik 103,0 % dari lalu-lintas normal sebanyak 52.885 kendaraan. Untuk kendaraan yang menuju Kota Semarang tercatat sebanyak 64.581 kendaraan atau naik 22,5 % terhadap lalu-lintas normal sebanyak 52.736 kendaraan.
b. GT Colomadu
Pada H1 sd H2 Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 tercatat sebanyak 38.433 kendaraan yang menuju Solo melalui GT Colomadu Jalan Tol Solo-Ngawi atau naik 152% dari lalu-lintas normal sebanyak 15.261 kendaraan. Untuk kendaraan yang meninggalkan Solo melalui GT Colomadu tercatat sebanyak 29.425 kendaraan atau naik 69.5% dari lalu-lintas normal sebanyak 17.358 kendaraan.
c. GT Srondol
Volume kendaraan GT Srondol Jalan Tol Semarang Seksi A, B, C pada H1 s.d H2 Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 tercatat sebanyak 12.489 kendaraan atau turun 21.2% dari lalu-lintas normal rata-rata sebanyak 15.850 kendaraan.
PT JTT mengimbau kepada pengguna jalan tol Trans Jawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol. Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.
Informasi lalu-lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu-lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga Group di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android. (Aam)