Labuan Bajo (pilar.id) – Sukses penyelenggaraan Injourney Hospitality House Labuan Bajo Batch I pada bulan Mei 2023, HIN (Hotel Indonesia Natour) dan Sarinah kembali menggelar Injourney Hospitality House Batch II pada tanggal 15-17 Juni 2023 di Aula Gereja Maria Bunda Segala Bangsa Wae Sambi, Batu Cermin.
Injourney Hospitality House merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dari InJourney Group yang bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang mindset hospitality kepada masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi pariwisata, terutama di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), termasuk Labuan Bajo.
Disampaikan dalam keterangan persnya, Rabu (20/6/2023), sebelum acara dilaksanakan, HIN dan Sarinah bekerja sama dengan PIC IHH Labuan Bajo, Mershinta A Rahmadani, untuk mengajak pelaku pariwisata yang terkait erat dengan industri HIN dan Sarinah, seperti pedagang, pelaku UMKM, karyawan home stay, tour & guide, serta masyarakat pekerja harian seperti sopir di sekitar Labuan Bajo, untuk hadir dalam acara IHH Batch II.
InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo 2023 Batch II diikuti oleh 51 peserta. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dengan kombinasi metode pembelajaran praktik dan teori dalam 4 modul pelatihan, termasuk sikap yang benar dalam pelayanan, komunikasi dalam pelayanan (hospitality communication), kebersihan produk dan lingkungan, serta penampilan.
Kehadiran pelatihan InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo 2023 Batch II mendapat sambutan positif dari peserta dan masyarakat setempat.
Salah satunya adalah Viani, seorang pelaku usaha pariwisata di Labuan Bajo. “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan SDM di Labuan Bajo, terutama di bidang Pariwisata. Saya berharap pelatihan semacam ini dapat dilakukan lebih sering untuk meningkatkan keterampilan dalam pelayanan dan keramahan. Semoga ke depannya lebih banyak pelaku usaha di Labuan Bajo yang dapat mengikuti kegiatan Injourney Hospitality House ini,” ujar Viani.
Mershinta, yang ditunjuk sebagai PIC IHH di Labuan Bajo oleh HIN dan Sarinah, mengungkapkan kesan positifnya atas kesempatan mengajar dalam IHH Labuan Bajo Batch II.
“Pelatihan ini sangat menarik. Peserta pelatihan sehari-harinya terlibat dalam industri pariwisata dan berinteraksi dengan tamu sehingga mereka sangat memahami cara melayani tamu. Namun, ada beberapa poin yang perlu ditingkatkan, seperti gerakan tubuh dan kemampuan berkomunikasi dengan tamu secara ramah,” ungkap Mershinta.
Doddy Matondang, Plt VP Corporate Secretary PT Hotel Indonesia Natour, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Labuan Bajo yang berpartisipasi dengan antusias dalam kegiatan ini. “Pada Batch berikutnya, pada bulan Juli 2023, HIN dan Sarinah akan bekerja sama lagi untuk menyelenggarakan IHH Labuan Bajo 2023 Batch III.”
Mershinta juga menyampaikan rencana untuk batch berikutnya, yakni “Kami akan menyusun strategi khusus agar pelatihan lebih menarik dengan melakukan pembagian kelompok berdasarkan pekerjaan mereka.”
“Dengan program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengetahuan tentang pelayanan dan keramahan sehingga dapat mendukung Labuan Bajo menjadi destinasi pariwisata kelas dunia,” ujar Doddy.
Haslinda Triekasari, Corporate Secretary PT Sarinah, juga berharap bahwa program IHH dapat memberikan manfaat langsung bagi peserta. “Kami juga berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pelayanan dan keramahan di Labuan Bajo,” kata Haslinda. (usm/hdl)