Jakarta (pilar.id) – Di tengah gelombang disrupsi yang terus menghantam, inovasi menjadi kebutuhan mendesak bagi perkembangan industri kreatif Indonesia. IdeaFest, festival kreatif terbesar di tanah air, hadir kembali guna memberikan dukungan dan dorongan bagi pertumbuhan industri kreatif. IdeaFest 2023, dengan tema Lead the Leap!, akan digelar selama 3 hari, mulai dari 29 September hingga 1 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.
Setelah 12 tahun diadakan, IdeaFest menjelma menjadi festival yang ditunggu para pelaku industri kreatif. Tahun ini, acara tersebut menunjukkan fokusnya dalam memberdayakan pemain industri kreatif untuk mengambil lompatan berani dalam meraih kesuksesan.
Melalui tema yang kuat, Lead the Leap!, IdeaFest 2023 bertujuan untuk memberikan keterampilan dan perspektif yang diperlukan untuk mengatasi tantangan yang cepat dan kompleks.
Co-Chairman IdeaFest, Desy Bachir, menyatakan, sejak 2011, IdeaFest telah menjadi tempat penting bagi diskusi dan pertumbuhan industri kreatif Indonesia.
“Tema ‘Lead the Leap!’ mengajak kita untuk berpikir besar, bertindak berani, dan menciptakan dampak positif. Kami berkomitmen untuk menjadi inovator terdepan dan memperkenalkan ide-ide baru,” kata Desy.
IdeaFest 2023, lanjut dia, menawarkan beragam program inovatif yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif Indonesia.
Lebih dari 200 pembicara akan berpartisipasi dalam lebih dari 100 sesi yang mencakup IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, dan Youth Summit. Youth Summit menjadi perhatian khusus, memberikan ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka sebagai pemimpin masa depan.
Selain itu, IdeaFest 2023 akan menggelar Idea Creative Workshop, yang dirancang untuk memfasilitasi kreativitas melalui workshop interaktif. Kemitraan dengan Semasa juga akan menghadirkan Art Market, menampilkan lebih dari 90 merek lokal dengan berbagai produk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari. Food Market juga akan turut meramaikan acara ini dengan menampilkan 40 merek F&B lokal.
Kolaborasi antara IdeaFest 2023 dan Semasa ini mencerminkan komitmen dalam memperkuat ekosistem kreatif lokal. Gunawan Lo, Co-Founder Semasa, berpendapat bahwa dukungan terhadap usaha kecil dan menengah menjadi kunci dalam menghadapi perubahan yang cepat. Melalui Art Market, diharapkan karya-karya lokal dapat dipromosikan dengan baik dan pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia dapat didorong.
Penutupan IdeaFest 2023 akan dimeriahkan oleh program Closing Night yang bekerja sama dengan Samara Live dan Flux Creative Universe (FCU). Program ini akan menampilkan Deddy Corbuzier dalam rangkaian konten yang menghibur namun edukatif. Deddy Corbuzier mengatakan bahwa dengan inovasi yang tak henti-hentinya, menciptakan perubahan menjadi tantangan tersendiri terutama bagi insan kreatif.
Setiap tahun, IdeaFest melibatkan beberapa pemimpin industri kreatif dalam IdeaFest Braintrust. Untuk tahun ini, sebelas tokoh inspiratif termasuk dalam Braintrust, yang akan berperan dalam mengarahkan konten dan memberikan inspirasi kepada para peserta. IdeaFest 2023 berkomitmen untuk mendorong industri kreatif Indonesia tumbuh ke tingkat lebih tinggi, menciptakan inovasi yang luar biasa, dan memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi dan budaya negara.
IdeaFest 2023 akan dihelat selama 3 hari dari 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan. Dengan tema Lead the Leap!, festival ini mengajak masyarakat kreatif untuk menjadi pemikir dan inovator masa depan Indonesia, dalam menghadapi tantangan industri kreatif yang semakin kompleks. (ted)