Jakarta (pilar.id) – Sojern, platform pemasaran digital terkemuka di bidang pariwisata, mengumumkan data perjalanan terbaru menjelang Olimpiade Musim Panas 2024. Olimpiade ini akan diadakan di Paris, Prancis, pada tanggal 26 Juli-11 Agustus 2024, menjadi ajang terbesar yang pernah diselenggarakan di Prancis.
Berbagai acara olahraga besar seperti Super Bowl, Olimpiade, Kejuaraan Eropa, telah membawa dampak positif pada industri pariwisata dan belanja iklan. Hanya tahun ini, belanja iklan diperkirakan mencapai $61 miliar. Peningkatan ini tidak hanya menghasilkan pendapatan iklan yang signifikan, tetapi juga memicu lonjakan permintaan wisata global.
Pemesanan penerbangan ke Paris telah meningkat seiring dengan penjualan tiket Olimpiade. Data Sojern menunjukkan bahwa pemesanan dan pencarian penerbangan ke Paris selama periode Olimpiade 2024 naik 125% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Wisatawan, terutama dari Amerika Serikat, menjadi pendorong utama dalam peningkatan permintaan perjalanan ke Paris menjelang Olimpiade. Amerika Serikat mendominasi dengan 23,8% pemesanan penerbangan ke Paris, diikuti oleh Kanada, Inggris, Jepang, dan Spanyol.
Paris, sebagai destinasi musim panas utama, mendapat perhatian khusus dari wisatawan global. Lonjakan permintaan perjalanan terutama terjadi pada hari-hari terakhir Olimpiade, menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan, terutama dari Amerika Serikat, mungkin memiliki keterbatasan cuti perusahaan.
Sementara warga Paris, mengantisipasi keramaian Olimpiade, memilih untuk berlibur ke destinasi lain di Prancis. Pemesanan hotel dari warga Paris yang bepergian ke kawasan lain meningkat sebesar 49%, dengan destinasi utama seperti Lille, Nice, Corsica, Lyon, dan Toulouse.
“Dengan menggunakan jalur yang tepat sepanjang tahun—tidak hanya musiman—DMO mampu menjangkau wisatawan saat ini dan menginspirasi mereka untuk berpikir lebih dari sekadar acara olahraga,” kata Noreen Henry, Chief Revenue Officer di Sojern. “DMO dapat memanfaatkan permintaan yang ada dan minat baru untuk menarik wisatawan agar memesan objek wisata lokal atau bahkan menjelajahi daerah sekitar yang kurang dikenal.”
Peningkatan permintaan perjalanan ini menjadi peluang bagi Destination Marketing Organizations (DMO) untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dengan pendekatan yang selalu aktif dan banyak jalur. DMO perlu memanfaatkan minat baru ini untuk menggugah minat wisatawan dalam mengeksplorasi destinasi lokal dan daerah sekitar yang mungkin belum banyak dikenal. (ret/hdl)