Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih mewah dengan mengoperasikan KA Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp menggunakan Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation.
Mulai Kamis, (18/1/2024), penggunaan jenis kereta baru ini telah dimulai. Kereta New Generation ini merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang diperoleh dari PT INKA (Persero).
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, mengatakan, “Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini adalah bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan di awal tahun 2024, terutama pelanggan KA Taksaka. Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap.”
Sebelumnya, KAI telah sukses mengoperasikan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation pada KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 13 Desember 2023 dan pada KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 18 Desember 2023.
Keunggulan dari Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini antara lain adanya pintu masuk dan pintu penghubung antar kereta yang menggunakan pintu elektrik otomatis. Ini memberikan kenyamanan ekstra kepada pelanggan dengan kemudahan membuka dan menutup pintu tanpa banyak usaha, serta mengurangi kebisingan saat beraktivitas.
PIDS (Passenger Information Display System) yang terpasang di setiap kereta memberikan informasi tentang stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. Fasilitas ini meningkatkan pengalaman perjalanan dan memberikan informasi penting bagi penumpang selama perjalanan.
Jendela pada Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah ditingkatkan menjadi tempered double glass, meningkatkan tingkat keamanan dan mengurangi panas serta sinar UV yang masuk ke dalam ruangan. Upgrade ini juga membantu mereduksi kebisingan, memberikan pengalaman perjalanan yang lebih tenang.
KAI juga memperhatikan kebutuhan modern penumpang dengan menambahkan USB charger port pada setiap kursi, selain stop kontak yang sudah ada di dinding kereta. Fasilitas pengisian daya ini memungkinkan penumpang untuk tetap menggunakan perangkat seperti HP, laptop, dan smartwatch tanpa khawatir kehabisan daya selama perjalanan.
Selain itu, pada Kereta Luxury New Generation, terdapat penambahan fasilitas toilet dari satu menjadi dua dan dipisahkan untuk pria dan wanita. Sementara Kereta Makan dalam rangkaian New Generation juga mendapatkan pembaruan dengan interior dan furnitur premium, memberikan nuansa yang lebih mewah. PIDS yang sama juga diterapkan di Kereta Makan.
“Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api,” tutup Joni. (lus/hdl)