Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan kesiapan pelayanan selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Masa operasional Nataru berlangsung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Selama periode ini, KAI mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan penumpang.
EVP Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menegaskan bahwa keselamatan menjadi prioritas utama.
“Kami berkolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska, TNI, dan Polri, untuk memastikan perjalanan kereta selama Nataru berjalan aman dan kondusif,” ujar Agus.
KAI juga menghadirkan layanan eksklusif Java Priority, yang melayani rute Stasiun Gambir-Yogyakarta pp.
Kereta ini menawarkan pengalaman perjalanan mewah dengan jadwal keberangkatan dari Gambir pukul 12.45 WIB dan kedatangan di Yogyakarta pukul 20.25 WIB. Sebaliknya, keberangkatan dari Yogyakarta pukul 23.40 WIB dan tiba di Gambir pukul 07.10 WIB.
Sebagai bentuk peningkatan layanan, KAI menambah 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun. Penambahan juga dilakukan untuk tenaga cleaning service sebanyak 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) sebanyak 198 orang, dan petugas pencuci kereta sebanyak 147 orang.
KAI terus memperluas penggunaan face recognition boarding gate di stasiun-stasiun utama, termasuk Pasar Senen, Bekasi, Lempuyangan, dan Surabaya Pasarturi. Penambahan fasilitas ini mempercepat proses boarding dan meningkatkan kenyamanan pelanggan.
Selain itu, kelas ekonomi juga mendapat perhatian dengan hadirnya KA New Generation, yang menawarkan kapasitas 72 tempat duduk dengan kenyamanan maksimal.
Hingga kini, terdapat 12 kereta generasi pertama dan 60 generasi kedua hasil modifikasi Balai Yasa Manggarai, serta 249 kereta generasi terbaru berbahan stainless steel.
KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk selama periode Nataru. Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang, 52 kereta tambahan akan dioperasikan, terdiri atas 491.976 tempat duduk untuk perjalanan jarak menengah dan jauh, serta 14.600 tempat duduk untuk kereta lokal komersial.
Secara total, akan ada 40.782 perjalanan kereta yang mencakup layanan KAI, KAI Commuter, KAI Bandara, LRT Jabodebek, dan LRT Sumsel.
KAI juga mengerahkan 777 tenaga tambahan, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus, yang tersebar di Jawa dan Sumatera.
“Kami menyiapkan posko khusus dari jajaran Komisaris, Direksi, dan manajemen KAI untuk memastikan perjalanan kereta berjalan lancar selama Nataru,” ujar Anne Purba, VP Public Relations KAI.
Dengan berbagai inovasi dan persiapan matang, KAI siap menghadirkan perjalanan yang aman dan nyaman bagi penumpang selama liburan Nataru 2024/2025. (hdl)