Jakarta (pilar.id) – Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada Polri terkait pelayanan prima dan pembangunan zona integritas di lingkungan Polri sepanjang 2022, di Gedung Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).
Penghargaan dan predikat tersebut diberikan berdasarkan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) yang dilakukan oleh Kemenpan RB bersama dengan kementerian dan lembaga khusus.
Atas apresiasi dan penghargaan dalam bentuk apresiasi pelayanan prima dan pelayanan terhadap zona integritas yang diberikan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terimakasih kepada Kemenpan RB.
Lebih rinci, ia menyebut, jika pada tahun ini, sebanyak 47 Polresta maupun Polres meraih penghargaan pelayanan prima. Serta, 19 unit kerja yang mendapatkan kategori teladan berintegritas.
Maka dari itu, dengan adanya penghargaan tersebut, menurut Sigit hal itu sejalan dengan instruksi dan harapan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terhadap institusi Polri.
“Kedepannya akan terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana harapan dari Pemerintah Indonesia, seperti perbaikan pelayanan publik secara digital,” ujar Sigit.
Lebih dalam, wujud konkret peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Polri, seperti menguatkan pelayanan masyarakat secara digital. Mulai dari STNK Online, SIM Online dan penindakan pelanggaran lalu lintas (lalin) dengan mengedepankan ETLE.
“Dan ini terus kita perluas. Hal ini kita lakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan tentunya meningkatkan upaya dalam rangka menjaga ketertiban berlalu lintas dan juga meningkatkan keselamatan,” ucap Sigit.
Selain itu, Sigit menyebut demi membuka ruang aspirasi dari masyarakat. Saat ini, pihaknya menyiapkan Dumas Presisi Online hingga Propam Presisi Online. Dimana, masyarakat dapat memanfaatkan hal itu sebagai wadah untuk mendapatkan pelayanan secara interaktif untuk mendapatkan progres terkait dengan laporannya.
“Tentunya ini semua menjadi bagian komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi dan tentunya kita berikan dalam satu pelayanan yang kita namakan SuperApp dalam satu genggaman,” tutup Sigit. (jel/hdl)