Yogyakarta (pilar.id) – Marshmallow, camilan lembut nan kenyal ini selalu menjadi favorit semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya yang manis dengan warna-warni cantiknya semakin menggugah selera.
Salah satunya Marshmellow Jogja, jajanan viral di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang viral hingga media sosial TikTok. Bagi pembeli yang ingin mencicipi, setiap sore camilan asal Prancis ini selalu menggelar dagangannya di Alun-Alun Kidul (Alkid) Yogyakarta.
“Pembeli kebanyakan wisatawan dari luar kota. Mungkin mereka lihat sosmed atau datang ke Alkid tempat jualan saya sehari-hari,” ucap pemilik MarshmallowJogja, Yossie Redha Aldise, Sabtu (7/1/2023).
Pengusaha berdomisili di Jalan Parangtritis km 7, Cabeyan, Kelurahan Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, ini buka setiap hari mulai pukul 17.00-22.00 WIB di Alkid, mengingat tempat ini menjadi salah satu destinasi para wisatawan.
Yossie mengungkapkan, jajanan marshmallow ini sebelumnya minim pembeli. Hingga akhirnya, berkat Lapak Ganjar usahanya mulai mengalami peningkatan penjualan. Banyak teman-teman sosial media yang akhirnya mengenal usaha milik Yossie.
“Awalnya saya follow Lapak Ganjar serta akun pak Ganjar. Ternyata di re-posting dan sangat berdampak. Nah mulai followers, teman-teman semua ada kenaikan, terjadi peningkatan yang signifikan,” terangnya.
Lapak Ganjar merupakan program untuk mengenalkan pelaku UMKM dengan kesempatan mempromosikan produknya melalui Instagram Story Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dari produk yang terpilih untuk kemudian di re-posting.
Buah yang dihasilkan pun semakin manis, omzet dan laba usaha Yossie semakin menanjak. Kepopulerannya membuat Yossie dapat menambah kebutuhan produksi seperti alat-alat dan jumlah produksi, sampai promosi marketing.
“Sebelum ikut Lapak Ganjar dulu rata-rata sekali jualan Rp 200 ribu. Kalau sekarang bisa sampai Rp 350 ribu per sekali jualan,” bebernya.
Selain itu, setelah mengikuti Lapak Ganjar, Yossie juga dapat membantu orang tua memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memberi uang jajan dan biaya sekolah adiknya.
“Banyak juga pembeli yang tahu marshmallow dari instagram story Pak Ganjar. Sangat membantu dan mendorong UMKM Jogja untuk mempromosikan produk para pelaku UMKM,” tutupnya. (riz/hdl)