Jakarta (pilar.id) – Mastercard, melalui program sosial Smart Business Program #BersamaUMKMBisa, telah menggalang lebih dari Rp1,5 miliar dalam kemitraannya dengan Grab Indonesia dan BenihBaik.com.
Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung 130 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai kota di Indonesia, termasuk Bandung, Denpasar, Malang, Pekanbaru, Surabaya, dan beberapa kota lainnya, dengan menyediakan peralatan usaha, modal, dan pelatihan intensif.
Selama program ini, lebih dari 50.000 pengguna Grab telah berpartisipasi dengan mengaktifkan kupon donasi, dan tercatat lebih dari 131.000 transaksi dari 23 November 2023 hingga 30 Desember 2023. Mastercard menyumbangkan Rp10.000 untuk setiap transaksi pengguna di aplikasi Grab yang menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard selama periode tersebut.
Secara global, Mastercard berkomitmen untuk memperkenalkan 1 miliar individu dan 50 juta usaha kecil ke dalam perekonomian digital pada tahun 2025. Di Indonesia, Mastercard bermitra dengan berbagai pihak untuk memberdayakan UMKM di era digital, termasuk melalui Smart Business Program. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada tahun 2024.
Sebelumnya, pada tahun 2022, Mastercard dan Grab Indonesia telah bekerja sama untuk mendukung pemberdayaan UMKM di Indonesia. Mereka meluncurkan program Small Business, Big Dreams untuk meningkatkan keterampilan pekerja lepas dan UMKM di tiga pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Hingga Desember 2023, program tersebut telah memberdayakan lebih dari 124.000 usaha kecil yang tergabung dalam ekosistem Grab di Indonesia.
Pada tahun yang sama, Mastercard juga berkolaborasi dengan Grab untuk memberdayakan 100 usaha kecil di Labuan Bajo dengan program pelatihan yang membantu mengurangi hambatan dalam berkomunikasi dan meningkatkan keterampilan wirausaha bagi masyarakat setempat. (ret/hdl)