Jakarta (pilar.id) – Mastercard dan PT MRT Jakarta (Perseroda), operator fasilitas dan infrastruktur MRT Jakarta, mengumumkan kemitraan strategis mereka untuk meningkatkan pengalaman bertransportasi nontunai.
Kolaborasi ini diumumkan dalam peresmian Stasiun Senayan Mastercard, sebelumnya dikenal sebagai Stasiun Senayan.
Sebagai mitra strategis MRT Jakarta, Mastercard membawa opsi nyaman untuk mengisi (top-up) dan membeli kartu MRT secara nontunai bagi pengguna MRT Jakarta. Pengguna kini dapat mengisi kartu MRT di semua loket MRT menggunakan kartu debit Mastercard.
Selain itu, penumpang dapat membeli tiket melalui aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu kredit Mastercard, yang menjadi penerimaan kartu kredit pertama kali di aplikasi ini. Semua kartu Mastercard juga dapat digunakan untuk membeli kartu MRT di loket stasiun.
Sejak peluncurannya pada tahun 2019, MRT Jakarta mengalami pertumbuhan signifikan dalam jumlah penumpang. Hingga November 2023, jumlah penumpang harian rata-rata mencapai 100.000, melampaui target 70.000 penumpang per hari. Dengan proyek konstruksi fase 2 MRT Jakarta yang sedang berlangsung, perkiraan jumlah penumpang dari Lebak Bulus hingga Ancol diperkirakan mencapai 290.000 per hari.
Mastercard telah bekerja sama dengan berbagai operator transportasi umum selama lebih dari satu dekade, meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengguna. Lebih dari 4 miliar transaksi mobilitas diproses melalui jaringan global Mastercard setiap tahunnya.
Di Indonesia, kemitraan antara MRT Jakarta dan Mastercard mendukung agenda Pemerintah Indonesia dalam mendorong transformasi digital di sektor transportasi.
Tuhiyat, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), menyatakan bahwa kemitraan ini menandai komitmen MRT Jakarta untuk mendukung transformasi digital dalam sektor transportasi. “Kami berharap lebih banyak lagi kerja sama dan inovasi dengan Mastercard untuk meningkatkan pengalaman penumpang MRT Jakarta,” tambahnya.
Aileen Goh, President Director PT Mastercard Indonesia, menyatakan bahwa kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan akses transportasi yang lebih baik dan lebih mudah di Jakarta. “Inisiatif ini dapat mengubah perilaku konsumen ke pembayaran nontunai secara lebih masif, menciptakan perubahan signifikan dan mendorong transformasi serta inklusi digital,” katanya.
Kemitraan ini merupakan langkah awal dari Mastercard dan MRT Jakarta dalam meningkatkan mobilitas perkotaan di Indonesia, mendukung visi perubahan lanskap perkotaan yang lebih terintegrasi dan terdepan dalam era digital. Ini juga selaras dengan komitmen global Mastercard untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan efisien di seluruh dunia. (riq/ted)