Surabaya(pilar.id)– Dalam era serba digital saat ini, perlu adanya peningkatan ilmu dan keahlian dalam bidang tersebut bagi para pemilik usaha atau yang akan memulai usaha.
Maka dari itu, Asosiasi Manajemen Indonesia atau disingkat AMA menggelar acara bertema Tantangan Bisnis di Masa Depan yang bertempat di D’Jawa Cafe and Resto, Rabu (20/4/2022)
Seminar yang berlangsung sekitar 2 jam ini, diisi oleh dua narasumber yang merupakan pengurus AMA, yaitu Michael Limbowo yang mengisi materi mengenai generasi millenial dan digital marketing. Serta Anita Dwi Kurnia Widya yang mengisi materi tentang Human Capital.
Dalam pemaparannya, Michael yang telah ikut AMA sejak tahun 2017 ini, menjelaskan mengenai tantangan generasi millenial di masa depan, serta memaparkan bentuk dunia digital saat ini.
“Tanggapan dari peserta bagus, sekaligus saya juga belajar dari pertanyaan yang memang biasanya datang dari perkara mereka sendiri, kalau bisa dijawab, saya jawab, kebetulan bisa saya jawab semua,” ujar Michael yang saat ini pengurus AMA di bagian Markom dan Kerjasama ini
Tak hanya itu, dari peserta yang bertanya yang Michael sempat memberikan tips dari pertanyaan peserta mengenai, cara membuat konsep millenial yang mudah dan mengikat minat.
“Untuk generasi millenial, cara lama sebenarnya juga efektif namun harus disesuaikan, ide lama bisa dikombinasikan dengan ide-ide baru. Tapi harus ada perjanjian dan kesepakatan,” terang Michael.
Sementara itu, pada sesi Human Capital, Anita Dwi memaparkan cara atau tips cara mempertahankan karyawan agar betah bekerja di perusahaan, yaitu dengan menerapkan Employee Value Proposition (EVP)
Dalam penyampainnya, ada 3 point, yaitu unique yang mencakup emosional, differentiated secara pengalaman, dan competitive dalam hal gaji yang secara perjanjian.
” Paling atas di emosional, tak heran ada karyawan yang rela lembur tanpa dibayar lemburannya, karena dia bekerja atas emosionalnya yang baik terhadap perusahaan. Maka yang paling penting, bagaimana membangun emosional yang baik antara pemimpin dengan karyawannya, maka karyawan itu akan betah bekerja di perusahaan,” jelasnya Anita yang saat ini bekerja di Head of Human Capital di PT. Intiland Grande
Adanya kegiatan rutin AMA ini, menurut Michael yang bekerja sebagai Konsultan Digital Marketing ini, perlu dipertahankan agar anggota AMA bisa mendapat ilmu serta pengalaman dari sesama anggota
“Saya nilai kegiatan seperti ini bagus, karena kegiatannya diskusi, walaupun saya jadi pemateri, tetapi saya juga belajar dari para peserta, dan mendapatkan masukan dari peserta juga,” pungkas Michael. (jel/din)