Jakarta (pilar.id) – PT Pertamina (Persero) turut melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang didukungnya dalam berbagai pameran Ramadan. Mengingat bulan Ramadan menjadi waktu yang strategis bagi UMKM untuk merambah pasar lebih luas.
Pekan lalu, Pertamina menjalin kerja sama dengan UMKM untuk menghadiri tiga bazar Ramadan di Jakarta, di antaranya di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Pertamina sendiri.
Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, mengatakan bahwa pameran di momen istimewa ini menjadi salah satu bentuk dukungan Pertamina terhadap produk-produk UMKM dan ekspansi pasar.
“Kami berkomitmen untuk meningkatkan daya saing dan memberikan manfaat konkret bagi para pelaku UMKM,” ujar Fadjar.
Pada Bazar Sobat di Kementerian ESDM, 8 UMKM Pertamina memamerkan beragam produk seperti Bagore, Batino’s Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, dan Shokha.
Kegiatan tersebut, yang berlangsung pada 26-28 Maret 2024, mendapat sambutan hangat dari pengunjung. “Kami berharap, bazar ini dapat menjadi ajang untuk memacu UMKM agar mampu bersaing secara global dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” ungkap Dadan Kusdiana, Sekretaris Jenderal KESDM, saat membuka acara.
Selain di KESDM, UMKM Pertamina juga menggelar pameran di gedung Grha Pertamina. Berbagai produk kuliner, fashion, dan perlengkapan ibadah disajikan untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri, yang tentunya menjadi upaya untuk meningkatkan penjualan.
Salah satu UMKM dari Indramayu, Bagore, yang menghasilkan bawang goreng kemasan, mengakui bahwa sejak berpartisipasi dalam pameran yang diadakan Pertamina, ia telah mendapatkan banyak pelanggan baru.
Banyak pelanggan yang kembali memesan secara daring, baik melalui platform belanja online maupun pesan langsung melalui WhatsApp.
“Bawang goreng kami berasal dari bawang jenis sumenep yang berkualitas baik, dengan beragam varian rasa seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri. Sebelumnya kami sudah menjual secara daring, namun sejak sering berpartisipasi dalam pameran Pertamina, pelanggan kami semakin banyak dan jangkauan pemasaran semakin luas,” ungkap Sunadi, pemilik Bagore.
Selain pameran offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja praktis melalui smexpo.pertamina.com. Melalui platform tersebut, masyarakat dapat dengan mudah menemukan produk UMKM, serta tersedia paket khusus untuk Lebaran.
Pertamina, sebagai perusahaan terkemuka dalam transisi energi, bertekad mendukung target Net Zero Emisi 2060 dengan terus mendorong program-program yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (ret/hdl)