Jakarta (pilar.id) – Squid Game Musim 2 memukau penggemar di seluruh dunia, mencatatkan 68 juta penayangan dalam pekan debutnya di Netflix. Serial ini menjadi peringkat #1 di 92 negara, memecahkan rekor penayangan perdana dan masuk dalam daftar Netflix Global Top 10.
Fan event besar-besaran di lebih dari 25 negara di 6 benua berhasil menarik perhatian global. Acara ini melibatkan 52.000 peserta langsung dan 6 juta penggemar online dalam berbagai aktivitas seperti lomba, labirin, dan permainan interaktif khas Squid Game.
Aktivasi ini berhasil mencetak 3 miliar impresi di saluran media sosial Netflix, bahkan melampaui pencapaian Musim 1.
Kemeriahan dimulai di Lucca Comics & Games 2024 di Italia. Sebuah paviliun bertema Squid Game, lengkap dengan boneka ikonik Young-hee, menarik lebih dari 20.000 pemain. Diikuti acara seru di Champs-Élysées, Paris, dengan 909 peserta dalam permainan Red Light, Green Light.
Acara puncak diadakan di Seoul, Korea Selatan, dengan premiere global di Dongdaemun Design Plaza yang dihadiri 1.000 tamu. Di Los Angeles, lebih dari 1.700 penggemar berpartisipasi dalam 4.56K Race, sementara Sydney menjadi tuan rumah Squid Game: The Experience.
Indonesia pun tidak ketinggalan. Pada 22 Desember 2024, Gelora Bung Karno menjadi lokasi Red Light, Green Light terbesar di Asia. Tantangan ini menampilkan boneka Young-hee setinggi 8 meter dan diikuti 900 peserta, termasuk atlet legendaris seperti Susi Susanti.
Squid Game: Ekspansi Global
Selain serialnya, video game Squid Game: Unleashed menjadi game aksi #1 di 57 negara. Pemain dapat meraih hadiah in-game dengan menonton Musim 2. Event seperti Squid Game Maze di Belanda dan arena tantangan di Brasil makin mengukuhkan Squid Game sebagai fenomena budaya pop global.
Squid Game, yang diciptakan oleh Hwang Dong-hyuk, menjadi ikon K-Content dengan berbagai penghargaan internasional, termasuk Emmy. Musim 1 dan 2 sudah tayang di Netflix, dengan Musim 3 akan hadir pada 2025. (ret/hdl)