Jakarta (pilar.id) – Bank Indonesia dan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) telah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keandalan layanan sistem pembayaran guna mendukung transaksi masyarakat.
Disampaikan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/5/2023), setelah terjadi gangguan pada layanan sistem pembayaran di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk (BSI) minggu lalu, kini layanan sistem pembayaran melalui BSI telah kembali normal.
Dengan pengawasan dan bimbingan Bank Indonesia sebagai otoritas sistem pembayaran nasional, BSI telah berhasil memulihkan koneksi dengan Bank Indonesia sehingga layanan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKN BI), dan BI Fast dapat beroperasi normal.
Selain itu, berbagai layanan pembayaran lainnya juga telah dapat kembali melayani kebutuhan masyarakat.
Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selalu memastikan bahwa setiap Penyedia Jasa Pembayaran memenuhi standar keamanan sistem informasi, termasuk penggunaan sistem yang aman dan handal.
Oleh karena itu, PJP diharapkan untuk terus meningkatkan ketahanan sistem informasi dan segera memulihkan layanan setelah terjadi gangguan yang berdampak pada konsumen.
PJP juga diwajibkan untuk mematuhi prinsip-prinsip perlindungan konsumen, seperti melindungi aset konsumen dari penyalahgunaan serta menangani dan menyelesaikan pengaduan konsumen dengan efektif.
Prinsip-prinsip ini telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No. 23/6/PBI/2021 tentang Penyedia Jasa Pembayaran dan Peraturan Bank Indonesia No. 22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, yang bertujuan untuk menjaga stabilitas sistem pembayaran nasional.
Bank Indonesia terus memantau kelancaran layanan sistem pembayaran di BSI dan seluruh Penyedia Jasa Pembayaran lainnya untuk memastikan masyarakat dapat melakukan transaksi dengan cepat, mudah, murah, aman, dan handal (cemumuah).
Hal ini dilakukan dengan tetap menjaga stabilitas, memperluas akses, melindungi konsumen, menerapkan praktik bisnis yang sehat, dan mengadopsi praktik terbaik dalam industri pembayaran. (usm/hdl)