Jakarta (pilar.id) – PT Citra Van Titipan Kilat, perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, berkomitmen untuk memperluas cakupan layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking) ke seluruh wilayah Indonesia.
Hal ini bertujuan untuk mendukung lebih banyak UMKM Indonesia dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan daya saing di era ekonomi digital.
Dengan menjadi member TIKI SERLOK, UMKM Indonesia akan mendapatkan berbagai manfaat dan penawaran khusus. Beberapa di antaranya adalah diskon harga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick-up gratis, serta bonus dan rewarding seller.
Selain itu, member TIKI SERLOK juga akan mendapatkan informasi dan kesempatan untuk mengikuti workshop dan pelatihan terkait pengembangan bisnis dan pemasaran digital yang diselenggarakan oleh TIKI.
Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, menyampaikan dalam acara Ngobrol Bareng TIKI bahwa era digital memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya dan menjangkau pelanggan di berbagai kota dan wilayah.
“Memahami cara yang tepat dalam memanfaatkan platform digital sangat penting untuk efektivitas pemasaran dan penjualan,” ujar Yulina.
Pelaku UMKM, lanjutnya, perlu memastikan untuk dapat memenuhi janji dalam promosi pemasaran, termasuk kualitas produk dan pengiriman.
“Melalui TIKI SERLOK, TIKI ingin berkontribusi dalam mendukung UMKM Indonesia dalam menggarap pasar digital yang luas dengan menyediakan kemudahan transaksi, keuntungan finansial, dan pengembangan kompetensi dalam bisnis dan pemasaran digital,” imbuhnya.
Acara Ngobrol Bareng TIKI merupakan salah satu bentuk dukungan TIKI dalam pengembangan kompetensi UMKM. Melalui acara ini, TIKI memfasilitasi diskusi rutin untuk bertukar pengalaman, pengetahuan, dan promosi antar sesama member.
Selain itu, TIKI juga mempromosikan usaha member TIKI SERLOK melalui kanal media sosial TIKI. Perusahaan ini juga menyediakan sarana dan sumber daya manusia untuk membantu member yang membutuhkan bantuan dalam pengiriman barang.
Pada acara Ngobrol Bareng TIKI kali ini, TIKI menghadirkan pembicara Arto Biantoro, Brand Activist; Uriel Laguarda, pengusaha F&B dan pemilik Pempek CRP Pusat; serta Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI. Mereka membahas topik ‘Strategi Penting Meningkatkan Brand dan Omset Penjualan’.
Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI, menjelaskan sejak 2020 TIKI SERLOK menjawab kebutuhan pelanggan UMKM akan mitra kurir yang memberikan fleksibilitas pembayaran dan manfaat tambahan bagi mereka yang memiliki kebutuhan pengiriman rutin.
Bonus dan rewarding yang diberikan oleh TIKI juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi pelanggan UMKM dari biaya pengiriman mereka setiap bulan.
Sementara Arto Biantoro, Brand Activist, menyatakan bahwa dalam menjual produk online, pemilik brand perlu memahami perjalanan pelanggan sebagai bagian dari pembangunan hubungan dan kedekatan dengan konsumen.
Pengiriman barang menjadi salah satu unsur penting dalam pengalaman pelanggan terhadap suatu brand. Pemilik brand harus memastikan barang dapat segera diterima oleh konsumen sesuai dengan janji yang diberikan.
TIKI SERLOK menyasar para UMKM yang umumnya menggunakan platform media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menjual produk mereka. Sejak diluncurkan, TIKI SERLOK terus memperluas jangkauannya. Awalnya hanya tersedia di DKI Jakarta, kini TIKI SERLOK telah hadir di 50 cabang utama di 33 kota di seluruh Indonesia. (usm/hdl)