Semarang (pilar.id) – Beberapa tahun lalu, Pemerintah Indonesia melakukan kampanye agar masyarakat berhemat menggunakan listrik. Namun, berselang tahun, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) jsutru melakukan kampanye gaya hidup menggunakan peralatan listrik.
Gaya hidup tersebut oleh PLN disebut sebagai electrifying lifestyle. Kampanye tersebut dilakukan oleh PLN di Kota Semarang bertepatan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional, Minggu (25/9/2022).
“Melalui kampanye electrifying lifestyle ini, kami menarik minat masyarakat agar beralih ke energi bersih,” kata Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Haris di Semarang, Minggu (25/9/2022).
Kampanye tersebut berlangsung pada kegiatan Car Free Day di Kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, dengan menggelar aerobik bersama dan membuka booth untuk mengkampanyekan Electrifying Lifestyle.
Untuk menarik minat masyarakat agar beralih ke energi bersih, PLN juga menghadirkan display motor listrik yang dapat dicoba oleh pengunjung.
“PLN coba memasyarakatkan opsi transportasi bebas emisi dengan kendaraan listrik dalam upaya mewujudkan udara yang lebih bersih bebas polusi,” ujarnya.
Dalam mendorong pertumbuhan ekosistem electric vehicle (EV), PLN telah menyiapkan beberapa infrastruktur pendukung berupa stasiun pengisian kendaraan listrik Ulumum (SPKLU).
Sepuluh SPKLU existing yang ada di wilayah Jateng-DIY terletak di PLN UP3 Semarang, PLN UID Jateng-DIY, PLN UP3 Surakarta, PLN UP3 Yogyakarta, Rest Area 379A, Rest Area 389B, Rest Area 519A, Rest Area 519B, Candi Borobudur, dan Candi Prambanan.
Pada kesempatan yang sama PLN juga menggandeng empat mobil listrik pelaku UMKM kuliner binaan PLN Peduli untuk menawarkan berbagai makanan kepada pengunjung Car Free Day. (fat)