Bandung (pilar.id) – Daop 2 Bandung, dalam rangka persiapan pelaksanaan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 yang akan berlaku mulai 1 Juni mendatang, telah melakukan pemeriksaan lintas (inspeksi) dari Stasiun Bandung hingga Stasiun Banjar pada Kamis (25/5/2023). Langkah ini diambil guna memastikan kesiapan seluruh lintas dalam menghadapi implementasi Gapeka 2023.
Mirip dengan persiapan yang dilakukan saat Angkutan Lebaran dan Angkutan Natal serta Tahun Baru, inspeksi kali ini difokuskan pada kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, dan berbagai aspek penunjang lainnya.
Selama kegiatan inspeksi tersebut, manajemen Daop 2 juga memberikan arahan kepada seluruh pekerja di lintas agar senantiasa waspada dan mempersiapkan dengan sebaik mungkin segala aspek yang terkait dengan operasional KA dan pendukungnya, terutama dalam masa peralihan dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.
EVP Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, menjelaskan bahwa pemberlakuan Gapeka 2023 berdampak pada efisiensi waktu tempuh perjalanan KA. Oleh karena itu, jadwal keberangkatan dan kedatangan KA juga mengalami perubahan. “Perubahan ini harus dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik oleh seluruh insan KAI Daop 2 Bandung,” ujar Takdir.
Dalam Gapeka 2023, terdapat efisiensi waktu tempuh perjalanan KA Jarak Jauh yang berangkat dari wilayah Daop 2 Bandung sebesar total 214 menit per hari. Rinciannya adalah efisiensi 40 menit untuk KA Argo, 38 menit untuk KA Eksekutif, 74 menit untuk KA Eksekutif Campuran, dan 62 menit untuk KA Ekonomi.
Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk mengendalikan perjalanan kereta api. Selain mempengaruhi efisiensi waktu perjalanan KA, pemberlakuan Gapeka 2023 juga menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan, stasiun pemberhentian, dan penomoran KA pada sebagian besar KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung.
“Terkait dengan perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan untuk memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA saat melakukan pemesanan atau pembelian tiket,” pungkas Takdir.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal terbaru KA penumpang mulai 1 Juni 2023, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email [email protected], atau melalui media sosial KAI121. (hdl)