Malang (pilar.id) – Siang itu Rosella Coffee tampil dengan dandanan yang berbeda. Ada vespa tua yang terparkir anggun di sebuah ujung ruangan. Berteman televisi tabung berukuran mungil berwarna merah yang duduk tenang di atas meja.
Layarnya yang kecil bersanding dengan tuas dan tombol analog seukuran diameter gelas minum. Diantara televisi dan vespa tersebut, bertumpuk koper-koper dari masa yang telah lalu.
Rabu, 3 Agustus 2022 itu, Rosella Coffee merayakan ulang tahun mereka yang kedua. Mereka menggelar perayaan ulang tahun melalui event bertema Back to 90’s dengan pameran properti dan poster retro dari tahun 90-an.
Tak berhenti di sana, mereka juga mengajak para pengunjung untuk hadir mengenakan model fashion dari tahun 90-an dan merasakan nostalgia sekaligus menghidupkan nuansa klasik. Benar saja, kegiatan ini pun disambut dengan antusias oleh banyak masyarakat.
Lebih dari 100 pengunjung datang ke Rosella Coffee di hari itu untuk meramaikan kegiatan tersebut. Sebagian juga merupakan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Kota Malang.
“Menurut saya, event ini cukup membawa nuansa kuno. Serasa kembali ke rumah nenek di era 90-an,” ujar Fikru, Mahasiswa Jurusan Peternakan Universitas Brawijaya yang datang ke Rosella Coffee bersama beberapa temannya.
Kegiatan Back to 90’s ini, diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok wow.Project bekerja sama dengan Rosella Coffee.
Demi menghadirkan nuansa klasik yang kental, wow.Project yang berisi delapan mahasiswa tersebut juga mendatangkan sejumlah properti yang mereka sewa dari Kampung Heritage Malang. Termasuk motor vespa, poster tahun 90-an, serta televisi tabung klasik.
“Beberapa waktu lalu Rosella menyelenggarakan event mixology. Tapi, baru kali kami kedatangan audience dengan nuansa vintage. Ya, bagi saya ini luar biasa,” terang pemilik dari Rosella Coffee, Damaz Rizky Pratama.
Kegiatan Back to 90’s yang diselenggarakan oleh wow.Project bersama Rosella Coffe tersebut merupakan bagian dari praktik lapangan mata kuliah peminatan Public Relation di jurusan Ilmu Komunikasi UMM.
Delapan mahasiswa yang tergabung dalam wow.Project tersebut adalah Fakhitanul Shyiva, Baiq Aisya Shah Adila, Mohamamad Amin Zakaria, Athifah Maretha, Gendhis Sekar Wijayanthi, Ida Melianawati, Tegar Saputri Mega Kusuma, dan Moch Ridho Abidin.
Dalam perancangan project Back to 90’s, mereka juga mendapat bimbingan dari dosen pengampu, Jamroji, S.Sos, M.Comms. Sehingga, konsep dari kegiatan Back to 90’s bisa berjalan secara maksimal dan menghadirkan nuansa nostalgia klasik.
Melalui program terjun lapangan tersebut, para mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman langsung dalam membangun relasi bersama dengan klien. Dalam hal ini, wow.Project mendapatkan pengalaman menerjemahkan kebutuhan dari Rosella Coffee sebagai klien dan bagaimana merea menarik minat dari para pelanggan untuk mau datang dan mengikuti kegiatan sesuai dengan tema yang telah disiapkan.
“Di project kali ini. Kami ingin total menghadirkan nuansa klasik dan kuno secara total. Sehingga, tidak hanya properti saja yang harus diperhatikan. Tetapi juga semua yg dikenakan harus tema 90-an. Mulai dari pakaian, sepatu dan hal kecil harus di tentukan,” terang anggota wow.Project, Mohamamad Amin Zakaria atau yang kerap disapa Arya.
Sedangkan pemilihan Rosella Coffee sendiri juga bukan tanpa alasan. Sebab, cafe yang terletak di Jl. Setaman No.17 Lowokwaru, Kota Malang ini memiliki menu-menu yang unik.
Mereka memiliki menu andalan berupa ragam minuman yang kental dengan cita rasa rosella. Setiap sajian yang dibuat oleh Rosella Coffee diberikan tambahan ekstra bunga rosella sehingga memiliki cita rasa yang khas. (fat)