Purworejo (pilar.id) – PT PLN (Persero) melakukan klarifikasi atas tudingan adanya unsur kesengajaan padamnya listrik demi menghambat komunikasi warga di Desa Wadas, Purworejo.
Lewat keterangan persnya, PLN menegaskan pemadaman listrik di Desa Wadas terjadi akibat adanya gangguan pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN.
Hal ini disampaikan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang, Yunarsih, PLN memastikan terus menjalankan tugasnya menjaga pasokan listrik ke pelanggan, perseroan tidak terlibat dalam kegiatan di luar itu.
“PLN tidak bisa serta merta memadamkan aliran listrik tanpa alasan yang jelas, kecuali dalam keadaan darurat seperti bencana alam. Faktor lain yang menyebabkan listrik padam adalah gangguan,” tegasnya.
Ia pun mengatakan, berdasar penelurusan di lapangan, padam listrik yang terjadi pada tanggal 9 Februari 2022 di Desa Wadas akibat pohon bambu yang tumbang menimpa jaringan, pada pukul 10.20 WIB gangguan telah berhasil ditangani petugas dan aliran listrik sudah kembali pulih.
Ia mengakui upaya lokalisir tersebut memang terhambat akibat lalu lintas yang ramai dan padat di sekitar lokasi, sehingga proses pencarian penyebab padam membutuhkan waktu yang lebih lama.
Dua hari sebelumnya, 7 Februari 2022 pukul 20.58 WIB, juga terdapat gangguan yang disebabkan oleh faktor binatang di lokasi yang sama, namun pada pukul 23.00 WIB PLN berhasil mengatasi dan langsung memulihkan aliran listrik. Sedangkan pada hari Selasa tanggal 8 Februari 2022 PLN tidak menerima informasi terkait padam listrik seperti yang diberitakan.
“Jadi memang murni karena adanya gangguan dari alam, tidak ada unsur kesengajaan. Kami berkomitmen untuk terus memberikan listrik yang handal kepada masyarakat,” imbuh Yunarsih. (usm/hdl)