Mojokerto (pilar.id) – Pemerintah Kota Mojokerto kembali menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).
Kali ini, penghargaan diberikan untuk kategori Top Inovasi Pelayanan Publik dalam Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI), kelompok Instansi Keberlanjutan.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Azwar Anas, pada acara Gebyar Pelayanan Prima 2024 yang berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (8/10).
Penjabat Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro, menjelaskan bahwa penghargaan ini diraih berkat keberlanjutan inovasi GAYATRI (Gerbang Layanan Informasi Terpadu dan Terintegrasi) yang dikembangkan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Mojokerto.
“Kami sangat bangga dengan inovasi Gayatri, ini adalah contoh pengembangan inovasi yang tidak membutuhkan aplikasi tambahan, bahkan sudah mendukung interoperabilitas,” ujar Ali Kuncoro.
Gayatri pertama kali dikembangkan pada tahun 2018 dan terus berkembang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya di bidang kesehatan. Inovasi ini terbukti efektif, terutama dalam mempercepat vaksinasi COVID-19 melalui fitur Gayatri Kendali COVID.
“Tahun ini, Gayatri terus berkembang dengan menambahkan fitur pemantauan balita stunting, imunisasi, serta pemantauan TBC,” jelas Ali Kuncoro yang akrab disapa Mas Pj.
Ali Kuncoro juga menegaskan komitmen Pemkot Mojokerto dalam memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam pelayanan publik. Salah satunya melalui sinergi lintas sektor dan pembukaan Mal Pelayanan Publik Gajah Mada, yang melayani perizinan, kependudukan, perpajakan, hingga layanan paspor dan Samsat.
“Harapannya, warga tidak hanya merasa lebih mudah dalam mengurus layanan, tetapi benar-benar merasakan kehadiran pemerintah dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.
Penghargaan ini selain sebagai bentuk apresiasi, juga bertujuan memberikan informasi objektif terkait implementasi dan pembinaan inovasi pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan. (tin/hdl)