Jakarta (pilar.id) – Di tengah perkembangan dunia digital yang semakin merambah hampir ke seluruh sektor kehidupan manusia, edukasi adalah hal yang penting. Terutama, edukasi terkait urusan-urusan sehari-hari yang berhubungan dengan dunia digital.
Termasuk edukasi dalam mengelola keuangan digital dan edukasi terkait aplikasi-aplikasi finansial yang ada di dunia digital saat ini. Sebab, tanpa memiliki pengetahuan yang memadai, masyarakat bisa sangat rentan terjerat penipuan atau pinjaman online ilegal yang saat ini, semakin marak terjadi.
Migrasi digital dan mudahnya seseorang mengakses data-data digital menjadi satu faktor. Di sisi lain, kewaspadaan masyarakat dan pengetahuan finansial juga penting untuk bisa menghindari aplikasi pinjaman online ilegal.
CEO Investree, Adrian Gunadi, menyarankan masyarakat mengecek keabsahan suatu tekfin melalui situs cekfintech.id. Jika dihubungi secara langsung oleh seseorang yang mengaku karyawan perusahaan tekfin tertentu, hubungi kontak resmi tekfin tersebut.
“Pelanggan disarankan untuk menghubungi kontak CS sesuai dengan yang tercantum di website atau media sosial resmi untuk mengecek apakah memang benar perusahaan fintech tersebut menawarkan produk secara langsung dan mempunyai karyawan bernama X,” kata Adrian, dalam siaran pers diterima di Jakarta, Jumat (24/6/2022).
Setelah mengecek legalitas, pastikan mengakses dan masuk ke situs atau aplikasi resmi tekfin tersebut. Jika terlanjur mengalami kerugian akibat tekfin ilegal, masyarakat sangat disarankan melapor ke kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan.
Untuk melaporkan kerugian, Investree menyarankan untuk mengumpulkan bukti teror, ancaman, pelecehan atau intimidasi yang diterima dari tekfin ilegal tersebut.
Setelah itu, laporkan hal ini ke kantor polisi terdekat. Sambil melapor ke polisi, adukan juga kejadian ini ke situs resmi OJK atau nomor telepon 157 sambil mengirimkan bukti.
Selain itu, laporkan juga ke perusahaan tekfin jika pinjol ilegal itu mencatut nama tekfin resmi, misalnya Investree. Laporan ke tekfin bisa dilakukan dengan mengontak layanan pelanggan (customer service) atau email. (fat)