Jakarta (pilar.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara kembali mengoperasikan Kereta Api Datuk Belambangan relasi Stasiun Tebing Tinggi-Stasiun Lalang (PP) mulai 1 Januari 2024, setelah sempat berhenti beroperasi sejak 1 September 2023.
Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, mengungkapkan bahwa KA Datuk Belambangan akan kembali melayani masyarakat dengan dua perjalanan per hari dari Stasiun Tebing Tinggi ke Stasiun Lalang (PP) dengan jarak tempuh 35 km dan waktu perjalanan 65 menit.
“Kereta api ini, yang menggunakan rangkaian ekonomi premium, menyediakan 240 kursi dengan harga tiket sebesar Rp5.000. Pemesanan tiket dapat dilakukan hingga H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI,” ujar Anwar.
Rute yang dilalui KA Datuk Belambangan mencakup Stasiun Tebing Tinggi, Bandar Tinggi, Tanjung Gading, dan Lalang. Kembalinya operasional KA ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian di wilayah Tebing Tinggi sampai Desa Lalang, Batu Bara.
Berikut adalah jadwal keberangkatan KA Datuk Belambangan mulai 1 Januari 2024:
U68 (Tebing Tinggi – Lalang)
Stasiun Tebing Tinggi: 08.00 WIB
Stasiun Bandar Tinggi: 08.24 WIB
Stasiun Tanjung Gading: 08.41 WIB
Tiba di Stasiun Lalang: 09.05 WIB
U67 (Lalang- Tebing Tinggi)
Stasiun Lalang: 10.00 WIB
Stasiun Tanjung Gading: 10.26 WIB
Stasiun Bandar Tinggi: 10.43 WIB
Tiba di Stasiun Tebing Tinggi: 11.05 WIB
U70 (Tebing Tinggi – Lalang)
Stasiun Tebing Tinggi: 11.45 WIB
Stasiun Bandar Tinggi: 12.09 WIB
Stasiun Tanjung Gading: 12.26 WIB
Tiba di Stasiun Lalang: 12.50 WIB
U69 (Lalang- Tebing Tinggi)
Stasiun Lalang: 13.05 WIB
Stasiun Tanjung Gading: 13.31 WIB
Stasiun Bandar Tinggi: 13.48 WIB
Tiba di Stasiun Tebing Tinggi: 14.10 WIB
Dengan diaktifkannya kembali KA Datuk Belambangan, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati saat melintasi perlintasan sebidang. Prioritaskan keselamatan dengan memeriksa kiri-kanan sebelum melewati perlintasan.
Sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19, PT KAI mengingatkan pelanggan KA untuk selalu menggunakan masker dan menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan. Anwar menegaskan bahwa semua petugas KAI telah divaksinasi, dan setiap hari sebelum operasional, dilakukan pembersihan eksterior dan interior menggunakan bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah selesai beroperasi, dilakukan fumigasi di tempat perawatan.
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau melalui media sosial KAI121. (ret/hdl)