Jakarta (pilar.id) – Selama semester pertama tahun 2023, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil memberikan layanan kepada 23,1 juta penumpang dan 4,38 juta kendaraan di seluruh Indonesia.
Ira Puspadewi, Direktur Utama ASDP, menyatakan bahwa manajemen memiliki keyakinan bahwa bisnis penyeberangan akan terus tumbuh hingga akhir tahun ini. ASDP tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, terutama untuk sektor logistik yang merupakan salah satu pilar kinerja perusahaan.
Pada semester pertama tahun 2023, ASDP mencatat performa kinerja yang baik. Ira menjelaskan, “Total penumpang yang dilayani di pelabuhan sebanyak 23,1 juta penumpang, 4,8 juta kendaraan, dan 867.856 ton barang. Produksi kendaraan pada semester I-2023 mengalami peningkatan sebesar 6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.”
Selama periode Januari – Juni 2023, ASDP berhasil mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp2,36 triliun, yang mengalami peningkatan sebesar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, perusahaan mencatat laba sebesar Rp311 miliar.
Untuk tahun 2023, ASDP menargetkan layanan kepada 51 juta penumpang, 6,5 juta unit kendaraan roda 2 & 3, 6,6 juta unit kendaraan roda 4, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton. “ASDP berharap mencapai total pendapatan sebesar Rp5,6 triliun dengan laba bersih sekitar Rp700 miliar pada tahun ini,” tambah Ira.
Manajemen ASDP berupaya menjaga stabilitas bisnis pasca pandemi Covid-19 dengan melaksanakan efisiensi dan memprioritaskan program yang menghasilkan keuntungan. Mereka juga melakukan pembenahan operasional dan perbaikan proses bisnis agar lebih efektif dan efisien.
Selain itu, digitalisasi layanan yang diterapkan oleh ASDP secara berkelanjutan telah meningkatkan produktivitas pengguna jasa. Manajemen ASDP telah mencapai tiga pencapaian penting dalam empat tahun terakhir:
Pertama, pengembangan infrastruktur yang lebih nyaman bagi pelanggan, seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni dengan adanya access bridge yang menghubungkan terminal eksekutif dan regular.
Kedua, percepatan layanan pemesanan tiket online di seluruh cabang layanan. Saat ini, layanan online ticketing Ferizy telah berlaku di empat pelabuhan utama, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.
Ketiga, peningkatan kualitas pelayanan melalui evaluasi berjangka yang dilakukan secara rutin untuk memastikan kepuasan pelanggan. “ASDP selalu berusaha memenuhi aspirasi pelanggan untuk kebaikan bersama,” tegas Ira. (ted)