Madiun (pilar.id) – Perayaan natal dan tahun baru memang masih satu setengah bulan lagi. Namun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7, Madiun sudah akan menjual tiket kereta api untuk masa Natal 2022 dan tahun baru 2023 sejak 7 November besok.
Penualan tiket tersebut, akan dilakukan secara bertahan mulai dari H-45 keberangkatan. Untuk proses pembelian tiket, para pelanggan bisa melakukannya secara daring melalui aplikasi KAI Access, situs resmi PT KAI, atau datang langsung ke stasiun.
“Pembelian tiket sudah kami buka mulai tanggal 7 November untuk keberangkatan tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto di Madiun, Minggu (6/11/2022).
Biasanya, KAI selalu melakukan penjualan tiket kereta paling cepat H-30 keberangkatan. Namun, khusus untuk pelayanan Natal dan Tahun Baru, KAI melakukan percepatan pembelian tiket mulai dari H-45 keberangkatan.
“KAI memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 jauh-jauh hari,” kata Supriyanto.
Karena perubahan masa pemesanan sebelum keberangkatan yang lebih lama maka pihaknya juga mengingatkan para pelanggan agar lebih teliti dalam memasukkan data pemilihan tanggal keberangkatan, rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.
“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta,” lanjut Supriyanto.
Untuk syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dimana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua.
KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun. Yakni, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan “hand sanitizer”. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan.
“KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api,” tegas Supriyanto.
Ia menambahkan, KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman. (fat)