Jakarta (pilar.id) – Dunia komik digital kini sangat digandrungi oleh anak muda. Salah satu faktornya adalah karena kemudahan membaca komik, yang kini tidak perlu lagi berbentuk fisik. Meskipun begitu, komik fisik juga tetap dinikmati oleh audiencenya. Jika dilihat pada beberapa tahun ke belakang, dunia komik digital sangat meningkat dari sisi pembacanya hingga pembuatnya.
Hermon Karisma, yang merupakan content creator dari digital comic Oalakomik, merupakan salah seorang yang memaksimalkan potensinya dalam menggambar komik dan dapat dinikmati oleh banyak audience di dunia maya. Hermon telah aktif menggambar di Oalakomik sejak tahun 2020 dan terus berlanjut hingga kini.
Komik
Menurut Scott McCloud komik merupakan gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi (posisi berdekatan atau bersebelahan) dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi atau untuk mencapai tanggapan estetis dari para pembacanya.
Sastra gambar, bentuk komunikasi visual, kombinasi gambar dan teks membentuk alur cerita. Unsur dalam komik meliputi panel, space, balon kata, gambar, dan cerita.
Hal terpenting dalam mesti diperhatikan dalam komik adalah:
- Orang yang membuat komik disebut Komikus/Comic artist
- Komik dapat digunakan untuk media bisnis, kampanye, edukasi, promosi produk, melestarikan budaya dan lainnya
- Jenis komik: komik strip, komik annual, buku komik, web komik
- Tipe Komik era saat ini: komik fisik dan komik digital
- Genre komik bervariasi, contoh action, comedy, fantasy, horror, romance, dll
Industri Komik terus berkembang dari waktu ke waktu
Kreator Komik
Content Creator merupakan profesi yang bertugas membuat konten (tulisan, gambar, suara, video) tujuannya memberikan informasi/hiburan untuk audience melalui media sosial. Menjadi Content Creator = membangun personal brand Anda.
Keuntungannya? Terkenal, Kerjasama, sponsor, aktif/pasif income, bermanfaat, sesuai passion, fleksibel, warisan. Mengapa comic? Karena komik merupakan konten visual, dan faktanya otak manusia lebih cepat memproses informasi visual lebih cepat. sehingga lebih komikus diuntungkan dalam membuat konten/karya yang efektif.
Teknik Dasar Membuat Komik Digital
Sebagai kreator dari komik digital, hal-hal ini perlu diperhatikan sebagai dasar untuk membuat komik:
- Sketsa, coretan singkat sebagai gambaran.
- Lineart, penebalan garis hasil sketsa.
- Coloring, pewarnaan gambar komik : base color, shading, lighting.
- Finishing, Mempertegas karya : dialog, sfx, efek visual.
Kreator komik digital harus memahami 4 hal tersebut, agar memiliki dasar untuk pembuatan komik digital dengan tahapan yang lebih rumit.
Tips & Trick Membuat Karya Komik Digital
Sebagai gambaran untuk membuat sebuah karya komik digital, diperlukan pengetahuan dasar yang lebih mendalam. Hal ini perlu diketahui, agar content creator akan lebih mudah dalam membuat karya nantinya.
- Script : berisi cerita beserta dialog sebagai ide.
- Storyboard : berisi gambar sketsa, dialog, keterangan.
- Kehabisan ide? Coba perhatikan sekitarmu, timeline social media, cerita tongkrongan kalian, bahkan hal viral pun bisa dijadikan sebuah komik.
Setelah Anda mengetahui tips yang tepat, maka Anda dapat menuju tahapan terakhir yakni di media mana Anda akan posting. 3 Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih tempat/platform yang tepat, yakni:
- Pahami karakteristik platform : Instagram (showcase and interaction), Facebook (Sharing and communicating) , Youtube (Informasi berdurasi Panjang), Tiktok (Informasi singkat).
- Maksimalkan digital tools : Instagram business, Facebook page, Youtube creator, tiktok business/creator.
- Perhatikan dan pelajari creator lainnya
Sebagai penutup, menjadi content creator tidak perlu memikirkan menjadi yang sempurna. Cukup menjadi diri sendiri dan menjadi unik dibanding dengan kompetitor. Lakukan Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) sebagai sarana Anda untuk berkembang. Jangan menjiplak, karena tidak akan membuat Anda dikenal oleh audience.
Dengan mengetahui hal-hal di atas, Anda kini siap untuk membuat komik digital pertama dari konsep hingga publish. (feb/hdl)