Jakarta (pilar.id) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah meluncurkan peningkatan kualitas layanan penyeberangan dengan memperkenalkan pengembangan sistem online ticketing di rute Pelabuhan Ajibata-Ambarita, yang mulai berlaku pada hari ini, Minggu (6/8/2023).
Sekretaris Perusahaan ASDP, Shelvy Arifin, mengumumkan bahwa peningkatan layanan ini berupa perubahan domain website pembelian tiket dari toba.ferizy.com menjadi trip.ferizy.com. Langkah ini diambil setelah melakukan analisis dan evaluasi atas berbagai kendala dalam sistem sebelumnya, termasuk masukan dari pelanggan terkait operasional dan pelayanan web reservation.
“Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, ASDP telah berkomitmen untuk mengamankan data pribadi dan transaksi pelanggan dengan peningkatan keamanan yang signifikan,” jelas Shelvy.
Pembelian tiket kapal ferry untuk lintasan penyeberangan Ajibata-Ambarita (pp) kini dapat dilakukan melalui website trip.ferizy.com, memberikan pengguna layanan kemudahan dan aksesibilitas yang lebih baik.
Tak hanya itu, perubahan domain ini juga membawa sejumlah fitur baru yang lebih banyak, membantu para pengguna jasa yang ingin melakukan pemesanan tiket, khususnya di lintas Ajibata-Ambarita yang merupakan salah satu jalur tersibuk di kawasan Danau Toba.
Data statistik menunjukkan bahwa total jumlah penyeberangan di Kawasan Danau Toba pada tahun 2022 mencapai 516.956 orang dan 101.786 unit kendaraan. Sementara itu, pada periode Januari hingga Juli 2023, jumlah ini mencapai 332.088 orang dan 66.850 unit kendaraan.
Pelabuhan Ajibata memiliki fasilitas yang mencakup luas kawasan seluas 10.448 m2 dengan gedung terminal utama seluas 2.155 m2. Di samping itu, fasilitas modern seperti eskalator dan lift juga telah disediakan. Sedangkan Pelabuhan Ambarita memiliki luas kawasan 7.000 m2 dengan gedung terminal utama seluas 1.540 m2, juga dilengkapi dengan eskalator dan lift.
ASDP berkomitmen untuk terus mengembangkan penerapan reservasi tiket online demi memberikan pengalaman penyeberangan yang lebih mudah, aman, dan nyaman bagi pengguna jasa. Pembayaran tiket kapal ferry secara online dapat dilakukan melalui berbagai metode pembayaran seperti Virtual Account Bank dan dompet digital.
Shelvy menambahkan, langkah pengembangan layanan reservasi online ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan memastikan kelancaran penerapan online ticketing di Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita.
“ASDP terus berkomitmen untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perluasan layanan online ticketing di pelabuhan penyeberangan lainnya, sebagai bagian dari dukungan terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” tutupnya. (mad/hdl)