Kediri (pilar.id) – Pasca pandemi Covid-19, para pegiat UMKM terus mengembangkan usahanya dengan melakukan inovasi digital guna memperluas pasar bisnis. Mendukung urgensi ini, JNE menghadirkan ‘JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Kediri 2022’.
Membuka webinar ini, M. Ragil Wahyudianto, Head Sales Marketing JNE Kediri mengatakan jika narasumber yang hadir dapat membagikan strategi membangun bisnis online di era digital agar UMKM mampu berkembang pesat.
Ia berharap agar 150 pelaku UMKM Kediri yang hadir dapat terinspirasi dengan paparan para narasumber, yakni Sendita Praswari, owner Souvenir Kediri, dan Ahmad Satrio Aji, owner Boraborababyshop.
Dalam kesempatan itu Aji menyatakan jika Covid-19 ternyata membawa keuntungan untuk usahanya yang fokus pada penjualan peralatan bayi dan anak.
“Covid-19 ini membawa kelebihan untuk bisnis kami, dimana kita bisa membuat konten edukasi seperti video ataupun review tentang produk sesuai kebutuhan pelanggan,” ungkap Aji.
Strategi pemasaran yang Aji gunakan berfokus pada promosi produk melalui konten informatif. Hal ini tak jauh berbeda dengan Sendita, owner Souvenir Kediri yang juga menggunakan media sosial sebagai saluran promosi utama untuk pemasaran di masa kini.
“Di masa Covid-19, ada dampak negatif yang membuat saya harus berinovasi dengan membuka kesempatan dan kreasi baru. Dengan terus berinovasi, pendapatan kami terus meningkat. Sementara itu, untuk mengoptimalkan strategi pemasaran online, kami biasa memakai Google Business,” ujar Sendita.
Mendukung kegiatan UMKM setempat, Ragil Wahyudianto, Head Sales Marketing JNE Kediri menambahkan, sebagai sarana logistik, JNE berkomitmen untuk membantu UMKM dalam mempersiapkan berbagai program dan memberikan fasilitas, seperti free pick-up, menyediakan promo dan diskon yang bisa meningkatkan penjualan.
“Selain itu, JNE mengembangkan produk baru yaitu Roket, yang merupakan jasa kurir instan untuk pengiriman barang dalam kota ke pelanggan,” tambahnya.
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang logistik dan pengiriman, JNE Kediri meyakinkan pegiat bisnis terutama UMKM untuk dapat menyadari kehadiran teknologi yang berkembang pesat sebagai salah satu solusi untuk menggencarkan pemasaran.
Sebagai informasi, Kediri merupakan kota ke-31 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Kediri, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Medan pada 29 Juli 2022. (hdl)