Tangerang (pilar.id) – Tahun ini merupakan momentum yang penting bagi wirausaha nasional Indonesia untuk melakukan The Great Rebound sekaligus memperkuat ketahanan wirausaha.
Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise & Business Concept 2022 di ICE BSD Tangerang mulai 17 Juni hingga 19 Juni 2022 diharapkan mampu menyalakan kembali bisnis wirausaha yang selama kurang lebih dua tahun terdampak pandemi Covid-19.
Public Relations Neo Expo Promosindo, Fredy Ferdianto mengatakan, waralaba terkait memulai, mengembangkan dan ketahanan sistem bisnis sehingga menghasilkan bisnis yang terbukti sustainable dan menguntungkan.
“Kami berharap dengan kehadiran IFBC dapat membantu menyalakan kembali berbagai bisnis yang terdampak akibat pandemi kemarin, serta dapat menghasilkan wirausaha-wirausaha baru yang pada akhirnya memberi kontribusi bagi gelora ekonomi nasional,” kata Fredy kepada Pilar.id, Sabtu (18/6/2022).
Hadir setidaknya 125 lebih usaha franchise & peluang usaha terkini pada Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise & Business Concept 2022 di ICE BSD Tangerang mulai 17 Juni hingga 19 Juni 2022. Mengusung tema “Ready, Get Set, Grow” rangkaian pameran tahun ini diawali di Tangerang (untuk Jakarta dan sekitarnya), merupakan kegiatan ke-156 kali sejak tahun 2006.
Tidak hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk kerajinan & fashion siap ekspor secara gratis.
Asosiasi Franchise Indonesia bersama dengan PT Neo Expo Promosindo (Neopromosindo) pada tahun ini hendak mengawali Pameran Rangkaian Nasional IFBC 2022 yang menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, investasi, distributor, keagenan atau kemitraan) melalui sarana pameran di 4 kota besar Indonesia.
Memasuki tahun rangkaian ke-16, rangkaian pameran ini akan hadir di Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Mengutip data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, kinerja perekonomian selama tahun 2021 terus mengalami perbaikan tumbuh 3,69 persen, meningkat dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2.07 persen (year on year/yoy).
Pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5 persen dari tahun sebelumnya. Andapun bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha.
“Pameran IFBC 2022 yang akan berlangsung selama 3 hari ini akan menghadirkan lebih kurang 125 merek baik waralaba maupun peluang usaha. Pameran buka pukul 10.00 hingga 19.00 WIB,” kata dia.
Ferdy mengungkapkan, kegiatan yang disponsori oleh Bank OCBC NISP ini memberikan kemudahan finansial bagi pelaku usaha dan dapatkan promosi tiket masuk, beli satu gratis satu, khusus nasabah OCBC NISP. Selaku sponsor, OY! Indonesia menawarkan digitalisasi pembayaran untuk ekspansi bisnis anda.
Berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha di kegiatan pameran IFBC 2022 ini juga tawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari 5 Juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Pada sektor bisnis retail terdapat Alfamart (kebutuhan harian), Onna Prima Utama (retail dekorasi), Donggu Venusta (retail perlengkapan industri kuliner), Kimia Market (retail bahan kimia), Shirudo Lab (retail produk kesehatan), Falvia Personalize Perfume (retail parfum), dan Apotek Asli Express (retail produk kesehatan).
Ragam usaha keninian pada segmen kuliner yang dihadirkan antara lain Kebab Turki Babarafi, CFC Indonesia, Sour Sally, Ngikan, Nyapii, Nyayap, Container Kebab, Pide Turkish Pizza, Nasi Kebuli Bilal, Shimura Sushi, Tokio Street, Oto Bento, Ramen Level Up, Ayam Gepuk Pak Gembus, Ayam Goreng Nelongso, Ayam Pusaka Abadi, Ayam Bebek Padeh, Ayam Bakar Mr.Bro.
Lalu ada Bakso Wong Djojo, Bakso Kampungqu, Bakso Pejabat, Roti Ropi, Dokrezzz, Donut Tanpa Batas, Roti Gempi, Cbezt Fried Chicken, Yasaka Fried Chicken, SS Fried Chicken, Bebek Terminal, Junior Fried Chicken, Nayz Bubur Bayi, Bakmi Naga Resto, Nasi Kulit Padeh, Ketoprak Wow, Bro Kitchen, Gorengan Naik Kelas, Tahu Jeletot Taisi, Kharisma Bahari, Eatpedia, Hungrybank, Hungrypedia, Chickensteak, dan Tentang Pasta. Anda pecinta kuliner khas Korea harus temui usaha Gongjang, Kopi Chuseyo, Donbobo, Chicha San Chen, Oppa Corndog, dan Mogoyo.
Bagi Anda yang ingin selalu eksis, bisa bergabung pada bisnis selebriti antara lain Burger Bangor (Denny Sumargo), Chaca Burgo (Chaca Federica), Menantea (Jerome Polin), Sempatin (Babe Cabita), Warkop Naik Kelas (Handika Pratama), Tentang Kopi (Dwi Handika), dan Bakso Bos Samson (Vicky Prasetyo).
Sementara bagi peminat bisnis kopi kekinian, lanjut Fredy, dapat kunjungi usaha Kalijodo Coffee, Dopamine Coffee & Tea, Coffeetamin, Merci Café, Kopi En Tea, Temu Kamu Coffee, Kopi Dari Hati, dan Jumpstart Indonesia. Bisnis minuman milenial yang dapat dikunjungi antara lain Teapedia, Gulu-Gulu, Mynum, Meenum, Chocochiz, Es Teler Kapten, dan Es Teler 77. Bisnis air mium isi ulang yang terbukti bertahan saat pandemi hadir diantaranya Air Minum Biru, Go Flow Air Minum, Daily Fresh Water, dan Tesha 8+.
Peminat bisnis pendidikan bisa diskusi bersama Bimbel Echlo, dan Great Nusa. Anda yang menyukai berinvestasi pada bidang properti tersedia Samanea Property. Sedangkan bisnis binatu (laundry) yang tidak pernah sepi penggemarnya, Anda bisa temui seperti The Daily Wash Laundromat, Joss Laundry, Speed Queen dan Washteria. Bisnis perawatan diri, kecantikan dan kesehatan terdapat Royal Garden Spa, dan Barbertopia. Bisnis menarik lainya yang dapat dikunjungi; Patina Design, Importir.org, Entrepreneurs.id, CloudKitchen.id, dan Evlogia Organizer.
Untuk menunjang kinerja bisnis Anda, hadir antara lain; Bhumi Varta Technology (geo-location), Imin.id, d’Retail, iSeller, Vireo, SisApp, Diantara Intermedia, PT Sari Teknologi Indonesia, Indonetwork.co.id, dan indotrading.com.
“Konsultasikan perkembangan bisnis Anda di sejumlah stan pemamer antara lain Klinik Bisnis Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Direxion Global, DK Consulting, Sahabat UMKM, dan Asosiasi Franchise Indonesia,” tutupnya. (her/hdl)