Surabaya (pilar.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar acara “Bank Jatim Qris Ramadan Vaganza” di halaman Balai Kota pada hari ini, Senin (25/3/2024).
Acara ini akan berlangsung dari pukul 14.00 hingga 21.30 WIB pada tanggal 25-31 Maret 2024 dan akan menampilkan berbagai kuliner khas Suroboyoan dari UMKM binaan pemkot serta berbagai kegiatan menarik seperti patrol dan mewarnai, street performance, live music dari beberapa SMP di Surabaya, fesyen show, dan tausiyah di Balai Kota Surabaya.
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengajak seluruh masyarakat Surabaya untuk hadir dan menikmati berbagai keseruan acara ini. “Ayo arek-arek Suroboyo, mari kita meriahkan Ramadan Vaganza. Di kegiatan ini, banyak UMKM yang menawarkan produk-produk luar biasa. Kita juga bisa mencari ilmu melalui tausiyah dan kelas-kelas yang disediakan di Balai Kota,” ujar Wali Kota Eri pada Minggu (24/3/2024).
Acara ini juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pembelian produk UMKM dengan metode cashless (non-tunai) menggunakan QR Code atau QRIS. Bank Jatim akan melakukan peluncuran QRIS di hari pertama acara, yang juga menandai Kota Surabaya sebagai salah satu kota pertama di Jawa Timur yang menggunakan QRIS.
Dalam acara Ramadan Vaganza, sekitar 35 UMKM binaan pemkot akan ikut serta dengan produk-produk unggulannya, termasuk makanan dan minuman (mamin) serta produk fesyen seperti mukena dan kerudung. “Kita juga melibatkan beberapa rombong yang biasanya berjualan takjil dan makanan berat di Balai Kota pada Sabtu dan Minggu. Mereka juga akan ikut mendukung acara Ramadan Vaganza ini,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati.
Dewi menegaskan bahwa 35 UMKM yang berpartisipasi telah melalui proses kurasi dan didatangkan dari tiap kecamatan di Kota Surabaya. “Rombong-rombong yang berjualan takjil dan makanan berat juga merupakan rombongan miskin yang kami bantu untuk meningkatkan perekonomian mereka,” tambahnya.
Kegiatan ini melibatkan total 80 UMKM dari binaan Pemkot maupun masyarakat umum, dan merupakan kolaborasi antara Suara Surabaya Media dengan Pemkot Surabaya. Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media, Eddy Prastyo, menambahkan bahwa kolaborasi ini akan melibatkan lebih dari 80 UMKM dengan berbagai produk.
“Ini adalah kegiatan pertama kolaborasi antara Pemkot dengan Suara Surabaya setelah berhenti selama pandemi. Kita harapkan Ramadan Vaganza ini sukses dan memberikan kesan yang baik,” ujar Eddy. (rio/ted)